Siswara, Dira Ayutia (2015) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341015 COVER.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7113341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7113341015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
7113341015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
7113341015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7113341015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7113341015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
7113341015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7113341015 BAB I.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
7113341015 BAB V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
7113341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 yang berjumlah 141 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 55% dari total populasi yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, uji t (uji koefisien regresi parsial), uji F (uji koefisien regresi simultan) dan perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 berada kategori baik dan untuk lingkungan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2012 berada pada kategori sangat baik. Hasil persamaan linier berganda yaitu Y = 2,831+ 0,002 X_1+0,005 X_2. Pada hipotesis pertama hasil uji t menunjukkan nilai t_hitung 0,771 dan nilai t_tabel 1,666 maka diperoleh t_hitung < t_tabel dengan signifikan sebesar 0,443 > 0,05 maka Ha ditolak Ho diterima dan untuk hipotesis kedua hasil uji t menunjukkan nilai t_hitung 0,813 dan nilai t_tabel 1,666 maka diperoleh t_hitung < t_tabel dengan signifikan sebesar 0,419 > 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Selanjutnya untuk hipotesis ketiga uji F diperoleh F_hitung 0,552 dengan signifikansi 0,578 > 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, dan lingkungan belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Secara uji F (simultan) status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 026 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14686 |