Sihotang, Clara Mariana (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341008 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7113341008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7113341008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7113341008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7113341008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7113341008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7113341008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7113341008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7113341008 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
7113341008 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7113341008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran make a match terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 2 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun pembelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah seluruh sampel. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen, uji hipotesis yaitu jawaban sementara dari rumusan masalah penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73,12 dengan standar deviasi sebesar 9,38. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 66,12 dengan standar deviasi 11,064. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,104 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,104 > 1,667) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Pematang Siantar tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 068 |
Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14684 |