Halawa, Arni Lestari (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SANTO PAULUS MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111141002 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7111141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
7111141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
7111141002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
7111141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7111141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7111141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7111141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7111141002 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
7111141002 BAB V.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
7111141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Santo Paulus Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Paulus yang beralamatkan di Jln. Pancing 1 No. 9 Martubung, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 83 orang dan sampel berjumlah 83 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan disiplin belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabel tes diuji rumus Cronbarch’s Alpha. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis parsial dan uji hpotesis simultan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 16.Setelah uji validatas untuk variabel motivasi belajar dan variabel disiplin belajar dilakukan terhadap 25 soal angket untuk masing-masing variabel, hasilnya terdapat 20 soal angket yang valid. Hasil reliabilitas angket untuk variabel motivasi belajar diperoleh r11 > rtabel (0,866 > 0,361) dan untuk variabel disiplin belajar diperoleh r11 > rtabel (0,858 > 0,361). Selanjutnya hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 36.125 + 0.256X1 + 0.324X2. Hasil pengujian hipotesis parsial untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel (2,744 > 1,663) dan sig. penelitian < 0,05 (0,007 < 0,05). Sedangkan untuk variabel disiplin belajar diperoleh �ℎ����� > ������ (4,416 > 1,663) dan sig. penelitian < 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian berdasarkan hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel (46,945 > 3,11) dan sig. penelitian < 0,05 (0,000 < 0,05).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015. (2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015. (3). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 070 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14678 |