Nuari, Ahmad Raihan (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341001 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7113341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7113341001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7113341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7113341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7113341001 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7113341001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
7113341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7113341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya kemampuan siswa dalam membagi waktu antara kegiatan ekstrakurikuler dengan belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Jalan kolam no. 03 Medan Estate Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahdokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hopotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam kategori cukup yaitu 67,1%. Regresi linier berganda Y= 14,417 + 0,256X1 + 0,300X2. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5%, untuk variabel motivasi belajar (X1) menunjukkan nilai thitung sebesar 2,035 dan nilai ttabel sebesar 1,667 maka diperoleh thitung > ttabel ( 2,035 > 1,667) maka Ha diterima Ho ditolak, untuk variabel kegiatan ekstrakurikuler (X2) menunjukkan nilai thitung sebesar 2,172 dan nilai ttabel sebesar 1,667 maka diperoleh thitung > ttabel (2,172 > 1,667) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai fhitung sebesar 51,072 dan nilai ftabel sebesar 3,13 maka diperoleh fhitung > ftabel (51,072 > 3,13) maka Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 0,604 atau 60,4%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar adalah sebesar 60,4%.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh positifdan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kegiatan ekstrakurikuler secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 098 |
Keywords: | Motivasi Belajar; kegiatan ekstrakurikuler; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14677 |