Sinaga, Syamsidar (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDIKALANG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142056 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7113142056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
7113142056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7113142056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7113142056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113142056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7113142056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7113142056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7113142056 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7113142056 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7113142056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis media Audio visual pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidikalang T.A 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sidikalang yang beralamat di Jl. Ahmad Yani No. 136 Sidikalang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Sidikalang yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas X AK-1 sebanyak 39 orang, kelas X AK-2 sebanyak 40 orang, dan kelas X AK-3 sebanyak 40 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yang terdiri dari kelas X AK-2 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan dengan model Problem Based Instruction berbasis media audio visual dan kelas X AK-3 sebagai kelas kontrol yang akan diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes objektif berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa untuk kelas eksperimen sebesar 80,12 sedangkan nilai rata-rata postest siswa untuk kelas kontrol sebesar 66,62. Hasil uji-t diperoleh sebesar -1,11 dan sebesar 1,67 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 7,127 > 1,667. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis media audio visual pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidikalang T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 055 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Media Audio Visual; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14674 |