Magdalena, Sri (2015) PERBEDAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH 2 PERDAGANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142018 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7111142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
7111142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7111142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7111142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
711142018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7111142018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7111142018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7111142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
7111142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7111142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Inquiry Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Problem Based Learning siswa kelas X AK di SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-washliyah 2 Perdagangan yang beralamat di Jl. Stadion No.2 Perdagangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 dan X AK 2 yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 38 orang. Data yang dikumpulkan adalah melalui tes. Sebelum tes diberikan kepada sampel sesungguhnya, tes terlebih dahulu telah diuji cobakan dengan mencari validitas tes, reliabilitas tes, daya beda tes, dan tingkat kesukaran tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dimulai dengan menghitung rata-rata, kemudian standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.Hasil uji hipotesis untuk kelas eksperimen I untuk pretest diperoleh rata-rata 42,63 dan standar deviasi 9,49, untuk rata-rata posttes 81,26 dan stansar deviasi 7,67, kemudian untuk kelas eksperimen II untuk rata-rata pretest diperoleh 42,73 dan standar deviasi 9,44, untuk rata-rata posttest 79,15 dan standar deviasi 6,90, pegujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95 % α =0,05 pada pengamatan n=38 siswa didapat thitung = 4,46 dan ttabel = 1,97 maka thitung > ttabel yaitu 4,46 > 1,97. Dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 1 dan X AK 2 di SMK Swasta Al-Washliyah 2 Perdagangan tahun pembelajaran 2014/2015 yang diajarkan dengan model inquiry learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 039 |
Keywords: | Model Inquiry Learning, Model Problem Based Learnig, Hasil Belajar, Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14671 |