Lubis, Oktavia Fahrina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142042 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7113142042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
7113142042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7113142042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7113142042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7113142042 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7113142042 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142042 LIST OF APPENDICS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7113142042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7113142042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7113142042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas X AK SMK Swasta Budisatrya Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Index Card Match lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas X AK di SMK Swasta Budisatrya Medan T.P. 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta Budisatrya Medan yang berjumlah 119 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen 1 30 orang pada kelas X AK 3 dan kelas eksperimen 2 30 orang pada kelas X AK 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila thitung > ttabel pada α = 0,05.Dari hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Index Card Match adalah nilai rata-rata pre-test 42,667 dengan standard deviasi 8,583 dan rata-rata post-test 83,167 dengan standard deviasi 7,484. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving adalah nilai rata-rata pre-test 42,83 dengan standard deviasi 11,647 dan rata-rata post-test sebesar 76,50 dengan standard deviasi 9,482. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikan 95% dengan α = 0,05 yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,339 > 1,671 dan dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Index Card Match lebih tinggi disbanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas X AK di SMK Swasta Budisatrya Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving ; Strategi Index Card Match ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14669 |