Gultom, Nova Elmi Nuriani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA GKPI MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142039 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7113142039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7113142039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7113142039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7113142039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7113142039 BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
7113142039 BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7113142039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi.Identifikasi masalah dalam penelitin ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem posing dengan problem based Learning terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XII SMA GKPI Medan T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem posing dengan problem based Learninglebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar akuntansi siswa Kelas XII SMAGKPI Medan T.A 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMA GKPI Medan T.A 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA GKPI Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu sebanyak 66 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 33 orang dan XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item.Untuk menganalisis data digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 7,30 sedangkan ttabel 1,6706 dengan demikian thitung > ttabel (7,30 > 1,6706) pada taraf signifikan 95 %. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Posingdengan Problem Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA GKPI Medan T.A 2015/2016. Hipotesis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 082 |
Keywords: | model pembelajaran problem posing dengan problem based learning terhadap hasil belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14663 |