Tarigan, Melisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142037 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7113142037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
7113142037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
7113142037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
7113142037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7113142037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7113142037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7113142037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7113142037 BAB I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
7113142037 BAB V.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
7113142037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Panombeian Panei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem open ended dengan strategi small group work terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 1 Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panombeian Panei, yang beralamat di jln. Pendidikan No. 5 Kab. Simalungun. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Dan jumlah populasi langsung diambil menjadi sampel. Dimana XI IS 1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berupa objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan option. Dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem open ended dengan strategi small group work(X Ì… = 78 dan S= 9,02) lebih tinggi dari pada yang diajar dengan konvensional (X Ì… = 68,6 dan S= 8,19). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji t. Hasil perhitungan didapat menunjukkan bahwa t_(hitung )= 4,51 dan setelah dibandingakn dengan harga t_(tabel )1,671 ternyata t_(hitung>) t_(tabel )(4,51>1,671). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem open ended dengan strategi small group work terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 025 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Open Ended; Strategi Small Group Work; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14660 |