Sitohang, Lamro S. (2015) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SMK N 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142041 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103142041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
7103142041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7103142041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7103142041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103142041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103142041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7103142041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7103142041 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
7103142041 BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7103142041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Aktifitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question danInformation search dapat meningkatkan Aktifitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 di SMKN1Pematang Siantar T.A 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SMKN1Pematang Siantar pada T.P2014/2015 dengan subjek siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 36 orang. Serta objek penelitian yaitu penerapan kolaborasi strategi Learning Start With A Question dan Information Search. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket Aktifitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 6 siswa (16,67%) yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa (61,11%) dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 34 siswa (94,44%) yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar ≥ 75 . Sedangkan Aktifitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 41,66% , sedangkan pada siklus II terdapat 94,44% berarti terdapat peningkatan sebesar 52,78% dan telah memenuhi kriteria skor ≥ 23 atau 71,87%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information search dapat meningkatkan Aktifitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK1 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMKN1Pematang Siantar T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 106 |
Keywords: | Aktifitas belajar, hasil belajar, Strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14654 |