Lubis, Khairunnisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAPPS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMKS PAB 2 HELVETIA T.P.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142030 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7113142030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
7113142030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
7113142030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7113142030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113142030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7113142030 BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
7113142030 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7113142030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMKS PAB 2 Helvetia T.P.2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajardengan menggunakan Model Pembelajaran TAPPS dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Questionlebih tinggi dibandinghasil belajar akuntansi yang diajardengan menggunakan Model Pembelajaran TAPPSpada siswa kelas XII AK SMKS PAB 2 Helvetia T.P.2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMKS PAB 2 Helvetia T.P.2015/2016 yang berjumlah 64 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random samplingyang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test dan Post-test yaitu 48,33 dan 79,17 dengan standar deviasi 10,11 dan 7,64. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test dan Post-test yaitu 46,33 dan 72,83 dengan standar deviasi 12,45 dan 9,07. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel = 2,9254> 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TAPPS dengan strategi pembelajaran Learning Start With A Questionlebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TAPPSpada siswa kelas XII AK SMKS PAB 2 Helvetia T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 074 |
Keywords: | Model Pembelajaran TAPPS dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14652 |