Febrina, Jesika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142026 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7113142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
7113142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7113142026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
7113142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7113142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7113142026 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7113142026 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7113142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi yang terdiri dari seluruh kelas X Akuntansi yang berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara nonrandom sampling yaitu dengan teknik purposive, dimana sampel melibatkan dua kelas yaitu, kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X Ak 4 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah 76 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 item soal, setiap soal memiliki 5 option (a, b, c, d,e) dimana stiap soal yang dijawab benar masing-masing diberi scor 5 dan soal yang dijawab salah diberi scor 0. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji normalitas digunakan uji liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen I = 84,61 dengan SD = 10,29 dan nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen II = 73,82 dengan SD = 10,87. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 3,730 sedangkan ttabel sebesar = 1,893 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan = 95% dengan dk = 74 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 3,730 > 1,893, dari pengujian jersebut maka hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan menggunakan media visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching tanpa menggunakan media visual pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan M
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 061 |
Keywords: | jesika |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14648 |