Panggabean, Islahuddin (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN `KUMON` DENGAN `PROBLEM POSING` UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-IS 1 SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141089 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
709141089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
709141089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709141089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
709141089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
709141089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141089 BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
709141089 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-IS 1 SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kumon dengan Problem Posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 1 dengan jumlah siswa 26 orang. Poenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kualititatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 57,69% atau 15 orang untuk aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 21,57%. Sedangkan pada siklus II diperoleh 88,46% atau 23 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 24,65. Sehingga aktivitas belajar telah mencapai indikator ≥ 23 atau 71,87%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 11 orang dari 26 orang siswa yang mendapat nilai ≥ 70 atau sebesar (42,31%) dengan nilai rata-rata 67,12. Pada siklus II yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 19 orang (73,08%) dengan nilai rata-rata sebesar 73,92. Jadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 5,96 telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dk= n-1 pada α = 0,05 dan N= 26. Dari data perhitungan diperoleh t_hitung = 8,76 dan t_tabel = 1.70814, hasil pengujian menunjukkan t_Hitung> t_tabel yaitu (8,76> 1.70814). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Kumon dengan Problem Posing di kelas XI-IS 1 SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Memahami Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 066 |
Keywords: | Model Pembelajaran `Kumon`; Model Pembelajaran `Problem Posing` ; Aktivitas Belajar ; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14646 |