Pada, Harianti Maya (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUPTO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142001 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7111142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
7111142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7111142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7111142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7111142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7111142001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7111142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7111142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7111142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7111142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif Group to Group Exchange pada siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif Group to Group Exchange pada siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di Jl. Pertahanan Ujung Desa Patumbak 1 Kec.Patumbak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 70 orang. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive random sampling, yaitu kelas XI Ak1 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI Ak 2 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan Pengujian Hipotesis menggunakan analisis dua beda rata-rata dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05.Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen 1 untuk pre-test diperoleh rata-rata 55,17 dan standar deviasi 14,88, untuk post-test 82,5 dan standar deviasi 9,53. Kemudian untuk kelas eksperimen 2 untuk pre-test diperoleh nilai rata-rata 56 dan standar deviasi 16,94, untuk hasil post-test 73,33 dan standar deviasi 12,75. Hal ini terbukti berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu (3,155>1,689), dengan kata lain bahwa hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif Group To Group Exchange pada siswa kelas XI Ak di SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 054 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Model Pembelajaran Aktif Group To Group Exchange; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14635 |