Situmorang, Grace E.J. (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142017 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7113142017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
7113142017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
7113142017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7113142017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7113142017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7113142017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7113142017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7113142017 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7113142017 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jln Sindoro No.1. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas masing-masing berjumlah 38 orang siswa sehingga jumlah keseluruhan populasi sebanyak 152 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpossive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa yakni kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran visual. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa ialah tes bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data ialah menggunakan nilai rata-rata, varians, standar deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas menggunakan Uji F dan Uji Hipotesis menggunakan Uji t. Nilai post test pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 81,84 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 65 dengan simpangan baku 7,78. Nilai post test kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 74,08 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60 dengan simpangan baku 6,67. Hasil Uji t diperoleh nilai thitung 4,675 dan jika dibandingkan dengan nilai ttabel 1,995 yang berarti bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hasil belajar akuntansi yang menggunakan media pembelajaran visual lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 051 |
Keywords: | Media Pembelajaran Visual;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14634 |