Lubis, Eva Novita Mirna (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142014 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7113142014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
7113142014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7113142014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7113142014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113142014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142014 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
7113142014 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7113142014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansisiswa kelas XI IS SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkandengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasilbelajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping siswakelas XI IS SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan yang beralamat di Jl.Bridgen Zein Hamid KM 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XI IS SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yangberjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah SimpleRandom sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yangmasing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukandalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan gandasebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelum tes ini diberikan padasampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihattingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknikanalisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi,uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakanUji-t pada taraf α= 0,05.Dari hasil analisis data kelas eksperimen1 nilai rata-rata pre-test dan posttestyaitu 52,06 dan 81,03 dengan standar deviasi 16,05 dan 10,84. Sedangkanpada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 44,85 dan 72,50dengan standar deviasi 21,55 dan 12,98. Pengujian hipotesis dari hasil post-testyang dilakukan diperoleh thitung=2,9525 dan ttabel = 1,669. Dengan membandingkankedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,9525 > 1,669.Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel makahipotesis diterima.Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan modelpembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibandinghasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mappingpada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 033 |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning., Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14630 |