Sinurat, Desiana (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI AK SMKN 1 SIDIKALANG TP 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142005 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7112142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (980kB) | Preview
7112142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
7112142005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7112142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7112142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7112142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7112142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7112142005 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7112142005 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7112142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah model pembelajaran Networked terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only design group, dan dengan menggunakan model two group post-test design. Penelitian ini mengujicobakan dua model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau tingkat keefektivannya dari hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 270 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes esei menulis teks berita. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Networked terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 84,06. Kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 59,73. Selanjutnya, hasil uji “t� diperoleh nilai t_hitung = 10,813. Dan setelah dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikansi � 0,05 = 1,672 dengan dk = (N+N) – 2= 58, karena t_hitung > t_tabel yaitu 10,813 > 1,672 maka hipotesis nihil ( H_o) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Networked lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 048 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi ; Model Pembelajaran Learning Cycle 5E ; Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14623 |