Sitohang, Bernadetta (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142005 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7113142005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
7113142005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7113142005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7113142005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7113142005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7113142005 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
7113142005 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7113142005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas X SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran The Power Of Two lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A teacher Here pada siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AK-1 yang berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen I dan kelas X AK-2 yang berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi pembelajaran The Power Of Two lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran The Power Of Two adalah nilai rata-rata pre test 44,17 dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 20 serta simpangan baku 11,557 dan post test sebesar 82,778 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta simpangan baku 7,786. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah nilai rata-rata pre test 44,03 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 10,338 dan post test sebesar 76,944 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60 serta simpangan baku 8,390. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,081 > 1,6725 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran The Power Of Two lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 053 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran The Power Of Two; Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14622 |