Arjuni, Ayu (2015) HUBUNGAN CARA BELAJAR DAN SIKAP SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P. 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142003 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7112142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
7112142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7112142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
7112142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7112142003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7112142003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7112142003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7112142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
7112142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
7112142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sibolga yang beralamat di Jl. Dr. Ferdinand Lumban Tobing No. 33 Sibolga. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan antara cara belajar dan sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas X dan XI Ak di SMK Negeri 1 Sibolga.Dalam penelitian ini sampel berjumlah 58 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin serta pemilihan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah kuesioner, 20 soal untuk cara belajar siswa dan terdapat 14 soal yang valid sedangkan 15 soal untuk sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan terdapat 10 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil r_11 > r_tabel = 0,807 > 0,361 untuk cara belajar dan r_11 > r_tabel = 0,686 > 0,361 untuk sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran. Jadi, kuesioner untuk variabel cara belajar dan sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran dinyatakan reliabel.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini setelah dilakukan uji korelasi berganda yaitu nilai sig. F change = 0,000 dengan taraf signifikan 0,05. Maka nilai sig. F change 0,000 < 0,05 artinya antara cara belajar siswa dan sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran berhubungan secara simultan dengan hasil belajar. Dengan kata lain, hipotesis penelitian yang diajukan juga diterima.Kesimpulannya bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dan sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Sibolga T.P 2014-2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 034 |
Keywords: | cara belajar, sikap siswa tentang penggunaan media pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14621 |