Fitri, Anisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142002 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7113142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
7113142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7113142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7113142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7113142002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
7113142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7113142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permaslahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta PAB 8 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P. 2014/2015./2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta PAB 8 Saentis yang berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientifc adalah nilai rata-rata pre-test 41,50 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,00 dan rata-rata post-test 82,67 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta simpangan baku 7,156. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL adalah nilai rata-rata pre-test 40,17 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 20 serta simpangan baku 8,66 dan post-test sebesar 76,00 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 9,135. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,151 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P. 2014/2015./2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 030 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran CTL; dan Pendekatan Scientific |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14619 |