PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS T.P 2014/2015

Fitri, Anisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7113142002 COVER.pdf]
Preview
Text
7113142002 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 APPROVAL  SHEET.pdf]
Preview
Text
7113142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7113142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7113142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 TABLE OF  CONTENT.pdf]
Preview
Text
7113142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7113142002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7113142002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7113142002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7113142002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7113142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 7113142002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
7113142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Permaslahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta PAB 8 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P. 2014/2015./2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta PAB 8 Saentis yang berjumlah 76 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientifc adalah nilai rata-rata pre-test 41,50 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,00 dan rata-rata post-test 82,67 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta simpangan baku 7,156. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL adalah nilai rata-rata pre-test 40,17 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 20 serta simpangan baku 8,66 dan post-test sebesar 76,00 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 9,135. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,151 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL dengan pendekatan Scientific lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran CTL pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P. 2014/2015./2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 AKT 030
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran CTL; dan Pendekatan Scientific
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 01 Sep 2016 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item
View Item