Sinaga, Hotdinar (2015) HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK RAKSANA 2 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341027 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7113341027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
7113341027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
7113341027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7113341027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7113341027 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113341027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113341027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
7113341027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7113341027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Raksana 2 Medan T.P 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Raksana 2 Medan yang beralamat di jalan Gajah Mada No. 20 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Raksana 2 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas AP1 berjumlah 38 orang dan kelas AP2 berjumlah 38 orang dan total keseluruhan adalah 76 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP1 dan AP2 yang berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket dengan menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas angket dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22.00, diperoleh untuk hubungan minat belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y) dengan thitung > ttabel (4,208 > 1,665), ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil yang diperoleh untuk hubungan motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) dengan thitung > ttabel (3,948 > 1,665), ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 37,777, koefisien regresi minat belajar (X1) sebesar 0,338, dan koefisien regresi motivasi belajar (X2) sebesar 0,379. Sehingga diperoleh persamaan regresi dengan rumus Y = a + b1X1 + b2X2 + e, maka: Y = 37,777 + 0,338X1 + 0,379 X2 + e. Untuk hasil perhitungan uji determinan (R2) diperoleh koefisien R2 sebesar 42,7%, hal ini menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan dengan prestasi belajar sebesar 42,7% dan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain.Berdasarkan penelitian dan perhitungan analisis data maka hipotesis yang mengatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Raksana 2 Medan� dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 002 |
Keywords: | Minat; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14553 |