Hasugian, Diana (2015) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AP SMK SWASTA PAB-3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111341002 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7111341002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
7111341002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
7111341002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7111341002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7111341002 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7111341002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7111341002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7111341002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7111341002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran Swasta PAB-3 Medan Estate T.P 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkatoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB-3 Medan Tahun pembelajaran 2014/2015. Waktu penelitian yaitu pada semester genap T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan berjumlah 42 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil analisis yang diperoleh untuk hubungan kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai (thitung > ttabel (2,603 > 2,021), menunjukkan bahwa ada hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk hubungan minat belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,367 > 2.021), menunjukkan bahwa ada hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 16,759, koefisien regresi kecerdasan emosional (X1) sebesar 0,548 dan koefisien regresi minat belajar (X2) sebesar 0,628. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y= 16,759 + 0,548X1+ 0,628X2. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 23,5%, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama memberikan hubungan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk menguji hipotesis kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (5,986 > 3,23), menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan secara simultan antara Kecerdasan Emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 027 |
Keywords: | kecerdasan emosional; minat belajar; prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14545 |