Sinurat, Dian Sonya (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141028 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7103141028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103141028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7103141028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7103141028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103141028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7103141028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7103141028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7103141028 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7103141028 BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7103141028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berlokasi di Jalan Kotacane No. 111 Kabanjahe pada Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 60 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control masing-masing 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran Kewirausahaan dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitastes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran cooperative tipe TAI adalah pre test sebesar 57,33 dan post test sebesar 82,83 sedangkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 57,5 dan post test sebesar 68,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 5,9648> 1,6768 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan menggunakan metode cooperative tipe TAI terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kabanjahe T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 037 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14544 |