Samosir, Rinawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141087 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7113141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
7113141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7113141087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7113141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7113141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141087 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
7113141087 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Bandar yang berjumlah 312 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 yang berjumlah 34 orang dan X-3 yang berjumlah 32 orang yang diambil dengan acak sederhana (simple random sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning ( ̅ = 77,94 dan S = 10,81) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional ( ̅ = 66,41 dan S = 13,57). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,84 > 1,676), maka H0 ditolak dan Ha diterima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14530 |