Hutabarat, Irawati Carolina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X A SMK NEGERI 1 SIATAS BARITA TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142004 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7111142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7111142004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7111142004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7111142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7111142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7111142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7111142004 BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7111142004 BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7111142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X A di SMK Negeri 1 Siatas Barita Tarutung Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Siatas Barita yang yang beralamat di Jl. Marhusa Panggabean No.41 Siatas Barita Tarutung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X A SMK Negeri 1 Siatas Barita Tarutung Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 115 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X A 2 dan X A 3 yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda. Tes akan dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 35 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data, sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji homogenitas data Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tutor Teman Sebaya (yang pada awalnya X ̅ = 34,00 dan S = 13,42 menjadi X ̅ = 78,00 dan S = 13,30) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (yang pada awalnya X ̅ = 33,17 dan S = 12,56 menjadi X ̅ = 70,17 dan S = 13,42). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 +n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (2,2716 > 1,671), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X A SMK Negeri 1 Siatas Barita Tarutung Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tutor Teman Sebaya; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14522 |