Sari, Ika Permata (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111141006 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7111141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7111141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7111141006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7111141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7111141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7111141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7111141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7111141006 BAB I.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7111141006 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7111141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang apakah ada pengaruh model pembelajarantreffinger terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas x smk negeri 1pematangsiantar T.P 2014/201. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar kewirausahaansiswa kelas x smk negeri 1 pematangsiantar T.P 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Pematangsiantar yang beralamat diJl.Bali No.5 Pematangsiantar. Populasi dari penelitian ini sebanyak 290 siswa dansampel penelitian ini sebanyak 60 orang yang terbagi atas 30 siswa TTN-3 dan 30siswa AK-5 dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswayaitu berupa soal pilihan berganda dan perlakuan dengan menggunakan modelpembelajaran Treffinger.Dari hasil uji post-test menunjukkan bahwa hasil belajar kelas TTN-3 setelahadanya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Treffingerdikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 85,3 dibandingkan dengan kelasAK-5 setelah dilakukan uji post-test dengan cara belajar konvensional dengannilai rata-rata 58,80.Dari 20 soal yang di uji validitasnya, ditemukan adanya 19 soal valid dan 1soal tidak valid. Reliabilitas test diuji dengan menggunakan rumus AlphaCronbach dengan hasil rhitung = (0,896) > rtabel (0,361).Teknik analisis data yang dipergunkan yaitu uji t pada taraf kepercayaansiginifikan 95% atau alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan modelpembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil thitung 17,91 > ttabel2,045. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima “Ada pengaruh yangsignifikan antara model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajarkewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P 2014/2015�.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh dalammeningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 006 |
Keywords: | Model Treffinger; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14520 |