Sibuea, Sri Tetti (2015) PENGARUH STRATEGI PEDAGOGIK GURU DAN PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141101 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7113141101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7113141101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7113141101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7113141101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7113141101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7113141101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7113141101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7113141101 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7113141101 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7113141101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh strategi pedagogik guru dan percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pedagogik guru dan percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 128 orang sedangkan sampel 52 orang. Teknik pengumpulan menggunakan observasi dan angket (kuesioner) dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 5 Medan dalam kategori baik, variabel percaya diri siswa di SMA Negeri 5 Medan dalam kategori cukup baik dan variabel prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan dalam kategori baik. Analisis data masing – masing variabel diperoleh persamaan regresi berganda Y = 72,743 + 0,174 X1+ 0,197 X2, Koefisien regresi linier di atas menunjukkan arah pengaruh masing – masing variabel independen terhadap variabel dependen. Jika variabel strategi pedagogik guru dan percaya diri siswa tidak ada, maka prestasi belajar siswa ekonomi adalah sebesar 72,743 poin. Jika strategi pedagogik mengalami peningkatan satu satuan dan percaya diri siswa di anggap tetap maka peningkatan itu akan menaikkan prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 0,174 poin. Dan jika percaya diri siswa mengalami peningkatan satu satuan, maka akan menaikkan prestasi belajar sebesar 0,197 poin. Dengan demikian bahwa arah pengaruh strategi pedagogik guru dan percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah positif. Uji simultan dengan menggunakan tabel ANOVA dengan angka signifikan penelitian yang di peroleh sebesar 0,002. Pada taraf α = 0,05 dengan df1 pembilang = 2 dan df2 penyebut= 49 diperoleh nilai Ftabel sebesar 3,19. Angka signifikan penelitian yang di peroleh sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 7,300 > 3,19 yang artinya hipotesis di terima. Maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel strategi pedagogik guru dan percaya diri siswa secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 008 |
Keywords: | strategi pedagogik guru, percaya diri siswa, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14517 |