Harefa, Lola Imanda (2015) PENGARUH FASIITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK BUDISATRYA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141017 COVER.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
7101141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7101141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7101141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7101141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Budisatrya Medan T.A 2014/2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Budisatya Medan T.A 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SMK Budisatrya yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 166 Medan, dengan populasi sebanyak 130 siswa dan sampel sebanyak 97 siswa karena peneliti mengambil dengan metode simple random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui program aplikasi SPSS, diperoleh nilai koefisiensi regresi fasilitas belajar sebesar 0,247, koefisiensi regresi motivasi belajar (b2) = 0,232 dan konstanta regresi a = 34,513. Koefisiensi regresi diatas menunjukan arah pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menggunakan uji t fasilitas belajar (X1) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 0,819 < ttabel = 1.984. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas belajar (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y). Dan uji t motivasi belajar (X2) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 2,680 > ttabel = 1,984. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y). Sementara itu Uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung = 3,974, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ftabel = 3.09 (tabel F Statistics). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 3.974 > Ftabel = 3.09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y).Dengan telah mengadakan penelitian ini diharapkan bagi peneliti lain harus mampu meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan siswa, sekolah juga harus bisa mengadakan fasilitas belajar yang baik sebagai sumber belajar dan juga harus memperhatikan motivasi belajar siswa agar siswa dapat belajar dengan semangat untuk mencapai prestasi belajar dengan lebih baik dan bagi universitas diharapkan dapat menambah literatur dalam perpustakaan dan sebagai referensi kepada peneliti yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 005 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa; Regresi Linier Berganda |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14516 |