Luthfi, Muhammad (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113341047 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7113341047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
7113341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113341047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7113341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7113341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7113341047 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7113341047 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai dengan jumlah 406 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling dengan sampel 122 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,707 untuk variabel lingkungan belajar dan 0,741 untuk variable minat belajar. Selain itu digunakan studi dukumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 43,586 +0,302X1+0,247X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,399 atau 39,9%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.Kepada pihak sekolah, guru dan orang tua diharapkan mampu memperhatikan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan tujuan untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 003 |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Minat Belajar dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14512 |