Sinaga, Rammen Andino (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112141020 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7112141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7112141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7112141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7112141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7112141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
7112141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
7112141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
7112141020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7112141020 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7112141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Siantar Narumonda yang beralamat di Jalan Siantar Narumonda Toba Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPS tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 90 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan acak sederhana (simple random sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berjumlah 21 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada saat pretes pada kelas eksperimen (X ̅ = 52,86 dan S = 9,79) dan untuk kelas kontrol (X ̅ = 53,97 dan S = 12,01) dan pada saat postes kelas eksperimen memiliki hasil belajar (X ̅ = 76,83 dan S = 9,5) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (X ̅ = 55,24 dan S = 11,77). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 +n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (7,822 > 2,0021), maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional di SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2014 / 2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Portofolio; Metode Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14511 |