Gurning, Rido Agustina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141112 JUDUL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7103141112 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7103141112 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
7103141112 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7103141112 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7103141112 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141112 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103141112 BAB I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
7103141112 BAB V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7103141112 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan T.P 2014/2015.`Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Setia Budi Abadi yang berlokasi di Jalan Serdang Bedagai pada T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Swasta Setia Budi Abadi yang berjumlah 60 orang terdiri dari dua kelas. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control masing-masing 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script adalah pre test sebesar 40,66 dan post test 76,67 sebesar sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 35,66 dan post test sebesar 68 . Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,577 > 1,672 pada taraf signifikan 95 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X IPS SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Gur p |
Keywords: | Model pembelajaran Cooperative Script; Hasil Belajar; Model Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14463 |