Hutapea, Mardhiati Mahlila (2015) PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141026. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7102141026. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7102141026. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
7102141026. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7102141026. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
7102141026. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141026. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141026. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141026. BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7102141026. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7102141026. DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh belajar mandiri dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruh siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi 310 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IX6 dengan jumlah 45 siswa dan kelas IX7 dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji F. Hasil perhitungan regresi linier berganda diperoleh Y = 74,033 + 0,117X1 + 0,116 X2. Uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa belajar mandiri dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan thitung = 4,581 > ttabel = 1,46 dan thitung = 5,172 > ttabel = 1,46. Secara simultan belajar mandiri dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 29,697 > Ftabel 3,097 pada kesalahan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari belajar mandiri dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 12 Hut p |
Keywords: | Belajar Mandiri; Lingkungan Sekolah; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14459 |