Gultom, Rini M. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SISWA KELAS X AP SMK KARYA PENDIDIK BALIGE T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141116 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7103141116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
7103141116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7103141116 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7103141116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7103141116 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141116 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103141116 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7103141116 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
7103141116 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141116 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan di SMK Karya Pendidik Balige.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Karya Pendidik Balige, Jalan Pelajar Soposurung Balige, Tobasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 62 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas X AP I yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP II yang berjumlah 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan nilai rata-rata pretest 35,00 dan nilai rata-rata post test 76,12, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional, nilai rata-rata pre test 35,32 dan nilai rata-rata post test 68,38. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabelyaitu ( 2,98 > 1,67) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan di SMK Karya Pendidik Balige T.A 2014/2015.Kata kunci
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Gul p |
Keywords: | Think Pair Share; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14390 |