Zega, Yoseba (2015) ENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141155 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7103141155 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
7103141155 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103141155 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7103141155 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103141155 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141155 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141155 APPENDICES SHEET.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103141155 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
7103141155 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7103141155 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Word Square dengan Talking Stick.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabanjahe yang terletak di Jalan Djamin Ginting No.60 Kabanjahe. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-7 yang berjumlah 40 orang. Dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Word Square dengan Talking Stick. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Siklus I hanya 14 orang (30%) siswa yang masuk ke dalam kriteria aktif dan sangat aktif, sedangkan dalam siklus II mengalami peningkatan yaitu ada 37 orang (92,5%) siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif. Selanjutnya dari hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hanya 19 orang (47,5%) siswa dengan nilai rata-rata 90, dan pada siklus II terdapat 37 orang (92,5%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 98,9. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Word Square dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Zeg p |
Keywords: | Kolaborasi Word Square Dengan Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar IPS Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14383 |