Sianturi, Essy Natalia (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS XI IS SMA SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341032 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7103341032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
7103341032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7103341032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7103341032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103341032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341032 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
7103341032 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7103341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa pada sub pokok bahasan ketenagakerjaan dan pengangguran di kelas XI IS SMA Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa di kelas XI IS-1 SMA Swasta HKBP Sidorame Medan yang berjumlah 35 orang dimana laki–laki 16 orang dan perempuan 19 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu memberikan pretes untuk mengetahui letak kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal materi ketenagakerjaan dan pengangguran. Kemudian diakhir siklus I dan siklus II diberikan post tes siklus I dan post tes siklus II. Dari hasil analisis diperoleh nilai pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa (25,71%). Setelah pelaksanaan siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa (42,85%). Walaupun telah mengalami peningkatan tetapi penelitian ini belum berhasil karena belum memenuhi target yang ditentukan secara klasikal yaitu 85%, maka penelitian dilanjutkan tindakan II pada siklus II. Setelah pelaksanaan siklus II diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 32 siswa (91,43%), artinya pada siklus II pembelajaran sudah mencapai ketuntasan klasikal karena telah melebihi 85%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran partisipatif pada materi ketenagakerjaan dan pengangguran dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS-1 SMA Swasta HKBP Sidorame Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sia m |
Keywords: | Pembelajaran Partisipatif; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14382 |