Moedifha, Lola (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING DAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK BM APIPSU MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142045 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103142045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7103142045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7103142045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7103142045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142045 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
7103142045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103142045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI AK 1 SMK BM APIPSU Medan T.P 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Centered Learning dan Learning Start With A Question.Penelitian ini dilaksanakan di SMK ABM APIPSU Medan T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 11 (28,21%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 25 orang siswa (64,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,46 Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 80% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 75% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 33 orang siswa (84,61%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 32 orang siswa (82,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,29. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 2,6 > ttabel 2,02.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Centered Learning dan Learning Start With A Question di kelas XI AK 1 SMK BM APIPSU Medan T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Moe p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Centered Learning dan Learning Start With A Question |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14373 |