Harianja, Jahya M (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 BALIGE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141090 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709141090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
709141090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
709141090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
709141090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
709141090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
709141090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709141090 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
709141090 BAB V.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
709141090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709141090 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Balige.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengukur data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 2 Balige T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Balige yang berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 40% dari jumlah populasi yaitu sebesar 56 siswa dengan teknik random sampling. Selanjutnya untuk menguji hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang positif penggunaan variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus koefisien korelasi product momen sehingga dapat diperoleh r_hitung sebesar 0,528 dibandingkan dengan r_tabel sebesar 0,2516 maka r_hitung>r_tabel (0,528 > 0,2516). Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel X terhadap variabel Y maka digunakan rumus regresi linier sederhana atau Y = 41,77 + 0,806X, sehingga dapat di ketahui peningkatan grafik yang semakin bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Sedangkan untuk mengetahui besarnya sumbangan atau kontribusi metode diskusi terhadap prestasi belajar digunakan rumus determinasi atau r^2 x 100%, sehingga diketahui besar sumbangan atau kontribusinya sebesar 29,4%, sebagian lain dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Selanjutnya untuk menguji hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan maka digunakan uji t sehingga dapat diperoleh t_hitung sebesar 4,571 dibandingkan dengan t_tabel sebesar 1,66 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%, jadi t_hitung>t_tabel ( 4,571>1,66 ). Dari hasil hipotesis tersebut dapat diterima atau ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Balige T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Har p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Diskusi; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14353 |