Alvina, Silvia (2014) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141032 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7101141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
7101141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7101141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7101141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
7101141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7101141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7101141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
7101141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7101141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang dipengaruhi oleh faktor pola asuh orangtua dan status sosial ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pola asuh orangtua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan tahun pembelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 2 kelas yakni XI IPS 1 yang terdiri 32 orang siswa dan XI IPS 2 yang terdiri 33 orang siswa, sehingga total keseluruhan populasi adalah 65 orang siswa, dan yang menjadi sampel merupakan keseluruhan populasi tersebut yaitu 65 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R Square).Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa pola asuh orangtua termasuk kategori cukup baik dan status sosial ekonomi termasuk kategori baik. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 3.789 + 0,734 X1 + 0,347 X2. Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil bahwa variabel pola asuh orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, dengan nilai thitung>ttabel (3.426 > 1,669) sedangkan variabel status sosial ekonomi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung<ttabel (1.497 < 1,669). Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji F, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan nilai Fhitung>Ftabel (31.847 > 3,993). Besarnya pengaruh pola asuh orangtua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah sebesar 50,7%, hal ini terlihat dari nilai R2 sebesar 0,507. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Alv p |
Keywords: | pola asuh; orang tua; status sosial ekonomi; prestasi belajar; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14329 |