Sinaga, Siska Oktavia (2014) PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP MINAT ANAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KELAS XI IPS SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341107 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103341107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7103341107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7103341107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7103341107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7103341107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103341107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7103341107 BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7103341107 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7103341107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap minat anak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan mengambil populasi sebanyak 115 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dengan perhitungan thitung= 2,309> ttabel = 2,0345 dengan nilai signifikansi 0,028< 0,05. Dan ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar ekonomi siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan perhitungan), thitung=4,156 >ttabel=2,0345 dengan nilai signifikansi 0,000> 0,005. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar ekonomi siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan Fhitung= 25,421 > Ftabel= 3,292, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif yang signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguran tinggi. Dan ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar ekonomi siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Secara uji F (simultan) status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar ekonomi siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sin p |
Keywords: | sosial ekonomi; orang tua; pekerjaan; penghasilan orang tua; prestasi belajar; minat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14326 |