Sari, Patimah (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142057 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7103142057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (894kB) | Preview
7103142057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7103142057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7103142057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7103142057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103142057 BAB I.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
7103142057 BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7103142057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa denagn menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi laporan keuangan dan jurnal penutup Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan yang berlamat Jalan Willem Iskandar No. 7-A. jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS II yang berjumlah 42 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk essay tes.Dari hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I motivasi belajar siswa hanya mencapai 23,81% dari seluruh jumlah siswa di kelas XI IPS II kemudian pada siklus II menjadi 95,24% atau mengalami peningkatan 71,43%. Dari hasil analisis data diperoleh data nilai dari tes sebelum penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together adalah 21,42% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 9 orang siswa. Sedangkan pada post test siklus I nilai siswa menjadi 50% atau 21 siswa yang tuntas. Kemudian pada post test siklus II dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 40 orang atau 95,23%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi pada materi laporan keuangan dan jurnal penutup Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Numbered Head Together dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sar p |
Keywords: | kolaborasi; model pembelajaran; student teams achievement divisions; numbered head together; motivasi belajar; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14324 |