Sitanggang, Amelly (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341006 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103341006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
7103341006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
7103341006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7103341006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7103341006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341006 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
7103341006 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103341006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual dibandingkan yang diajarkan dengan media powerpoint pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian yang dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan sampel siswa kelas XII AP 3 dan XII AP 2 yang berjumlah 65 orang.. XII AP-3 sebagai kelompok perlakuan menggunakan audio visual dan XII AP-4 sebagai kelompok perlakuan menggunakan Ms. Powerpoint. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik analisis varians (ANAVA) satu jalur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah dinyatakan valid. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar instrument test, guna untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan siswa di kelas eksperimen sebesar 42.5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 39.8.setelah dilakukan pembelajaran yang didukung dengan menggunakan media audio visual, terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh sebesar 80.9 sedangkan pada media powerpoint terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 74.8.Dari hasil uji analisis varians (ANAVA) satu jalur pada taraf α = 0.05 diperoleh thitung = 9,772 dan ttabel = 3,99. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel atau 9,772 > 3,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media audio visual dibandingkan yang diajarkan dengan media powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sit p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Prinsip Memilih; Media Audio Visual; Film dan Video; Power Point Sebagai Media Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14308 |