Pasaribu, Nengsy Erlija (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141091 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
7103141091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7103141091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103141091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7103141091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7103141091 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
7103141091 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sei Bamban Jalan Pendidikan Desa Gempolan T.A 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 di SMA Negeri 1 Sei Bamban yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai pretes siswa yang tuntas adalah 20% dengan rata-rata hasil belajar siswa 39,25. Siklus I persentase nilai siswa yang tuntas 47,5% dengan rata-rata hasil belajar siswa 62,25 dan hasil observasi aktivitas yaitu terdapat 7 orang (17,5%) siswa untuk kriteria tidak aktif, 4 orang (10%) siswa untuk kriteria kurang aktif, 8 orang (20%) siswa untuk kriteria cukup aktif, 21 orang (52,5%) siswa untuk kriteria aktif. Pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan yaitu 82,5% dengan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 71,25. Secara keseluruhan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pas p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Group Investigation; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14292 |