Sibarani, Laura (2014) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141070 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7103141070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
7103141070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7103141070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7103141070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103141070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141070 DAFTAR LMAPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141070 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
7103141070 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7103141070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dan jumlah sampel adalah 92 orang. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Angket yang digunakan berjumlah 20 soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata secara keseluruhan pada distribusi angket internet sebagai sumber belajar sebesar 3,01 dikategorikan baik. Untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan Y dihitung dengan menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana diperoleh Y = 45,866 + 0,502X. Kemudian untuk mengetahui besarnya kontribusi atau sumbangan variabel X terhadap variabel Y dihitung dengan menggunakan rumus dterminasi r2 menurut Carl Pearson. Dan hasil perhitungan diketahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 30,7. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t diperoleh thitung sebesar 6,312 dan ttabel sebesar 1,986 pada taraf siginfikansi 95% dengan dk = n-2 = 92-2 = 90 sehingga diketahui thitung > ttabel dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sib p |
Keywords: | Internet; Sumber Belajar; Prestasi Belajar; Manfaat Internet; Variabel Penelitian; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14290 |