Ginting, Meyliana (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142048 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7103142048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7103142048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
7103142048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7103142048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142048 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
7103142048 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103142048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Berastagi” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Student Teams Achievement Divison (STAD) di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Berastagi T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi yang berada di Jalan Jamin Ginting No.12 Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian berdasarkan metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar 71,875%, maka diperoleh hasil pada siklus I sebesar 53,125% siswa masuk dalam kategori aktif, karena belum mencapai indikator yang ditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil 78,125% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 26,32%. Untuk hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan KKM 75. Maka dari hasil tes yang dilakukan pada siklus I diperoleh presentase hasil belajar yaitu 59.375% dengan nilai rata-rata 72,19 akan tetapi belum mencapai indikator hasil belajar yaitu 85%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh persentase hasil belajar yaitu 87,5% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 83,13. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 28,125% dari siklus I dan II. Dan penelitian berhenti di siklus II karena telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 85%.Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 32-1= 31 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 7,62 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (7,62 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Jadi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Student Teams Achievement Divison (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Berastagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Gin p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Explicit Instruction; Student Teams Achievement Division (STAD); Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14276 |