Sinaga, Erlinda (2014) THE EFFORT TO INCREASE THE LEARNING ACTIVITIES AND LEARNING RESULT IN ACCOUNTING SUBJECT THROUGH THE IMPLEMENTATION OF CREATIVE TREFFINGER AND GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER IN 1ST ACCOUNTING GRADE 10TH IN SMK NEGERI 7 MEDAN AT ACADEMIC YEAR 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142023 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7103142023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
7103142023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7103142023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7103142023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7103142023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103142023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7103142023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142023 BAB I.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
7103142023 BAB V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
7103142023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Creative Treffinger dan Giving Question and Getting Answer di kelas X AK-1 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada semester genap tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X AK-1 yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan untuk teknik analisis data nya adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 7 (20%) siswa tergolong sangat aktif, 8 (22,8%) tergolong aktif, 12 siswa (34,2%) siswa tergolong cukup aktif dan 8 siswa (22,8%) siswa tergolong tidak aktif. Namun pada siklus II terdapat 12 (34,2%) siswa tergolong sangat aktif dan 17 ( 48,6%) siswa tergolong aktif, 4 (11,4%) siswa tergolong cukup aktif, dan 2 (5,71%) siswa tergolong tidak aktif. Sedangkan tes t hasil belajar siswa yang telah dilaksanakan terlihat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 21 (60%) siswa yang lulus meningkat pada siklus II menjadi 30 (85,7%) siswa yang lulus. Dimana sebagai indicator ketuntasan klasikal adalah 80% siswa memperoleh nilai ≥ 80. Untuk pengujian significan hasil belajar siswa digunakan dilakukan dengan menggunakan uji statistic atau uji t dengan dk= 35-1 = 34 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung> ttable bahwa thitung 7,08 dan ttable = 2,03 (7,08 > 2,03). Sehingga peningkatan hasil belajar siswa significan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Treffinger dan Giving Question and Getting Answer pada materi pembelajaran laporan keuangan di kelas X AK-1 SMK Negeri 7 Medan semester genap tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dana hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sin e |
Keywords: | Giving Question and Getting Answer; Creative Treffinger; Students Learning Activities; Students Learning Results; The Collaboration |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14268 |