Lumban Gaol, Masdelina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SANTO THOMAS 4 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142046 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142046 APPROVEL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
7103142046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7103142046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7103142046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7103142046 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7103142046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7103142046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7103142046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
7103142046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7103142046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Santo Thomas 4 Binjai Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model pembelajaran STAD dengan SAVI di kelas XI IPS SMA Santo Thomas 4 Binjai.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Thomas 4 Binjaiyang berada di Jalan Ikan Tenggiri No. 21Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar 71,87%, maka diperoleh hasil pada siklus I sebesar 52 % siswa masuk dalam kategori aktif, karena belum mencapai indikator yang ditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil 82 % siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Untuk hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan KKM 75. Maka dari hasil tes yang dilakukan pada siklus I diperoleh presentase hasil belajar yaitu 14 orang (56%) akan tetapi belum mencapai indikator hasil belajar yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh persentase hasil belajar yaitu 23 orang (92%) siswa memenuhi ketuntasan. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 36% dari siklus I dan II. Dan penelitian berhenti di siklus II karena telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 75%. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 25-1= 24 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,26 dan ttabel = 2,06. Sehingga thitung > ttabel (11,26 >2,06). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Jadi dengan menerapkan Model pembelajaran STAD dengan SAVI di kelas XI IPS SMA Santo Thomas 4 Binjai Tahun Pelajaran 2013/2014, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Lum p |
Keywords: | Metode; Pembelajaran; STAD; SAVI; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14265 |