Manurung, Winda Fetra (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN STRATEGI STUDENT QUESTION HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS 1 SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142076 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7103142076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7103142076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7103142076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
7103142076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7103142076 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142076 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142076 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
7103142076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7103142076 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Laguboti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan strategi Student Question Have di kelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti yang terletak di jalan Pelajar No. 03 pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IS 1 yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian serta lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa dengan indikator yang ditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar 71,88%, maka diperoleh hasil pada siklus I sebesar 34,48% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif, karena belum mencapai indikator yang ditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil 79,31% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 44,83%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,03% yaitu pada siklus I terdapat 15 siswa (51,72%) yang tuntas menjadi 24 siswa (82,75%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperolah nilai ≥ 70 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal . Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 29-1 = 28 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung = 6,16 dan t_tabel = 2,04. Sehingga t_hitung > t_tabel (6,16 > 2,04). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga H_a diterima.Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa, dapat dismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan strategi Student Question Have pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dikelas XI IS 1 SMA Negeri 1 Laguboti semester genap tahun ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Man p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Problem Based Instruction; Strategi; Student Question Have; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14259 |