Manurung, Ester Lina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE-TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142024 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
7103142024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7103142024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7103142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7103142024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7103142024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
7103142024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
7103142024 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK Negeri 1 PatumbakPenelitian ini dilaksankan di SMK Negeri 1 Patumbak yang beralamat di Jl. Pertahanan Ujung Desa Patumbak 1 Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 yang berjumlah 21 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.Berdasarkan analisis diperoleh hasil pada siklus I yaitu 61,9% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata nilai 76,24. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%, oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II 90,48% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dan rata-rata nilai 80,48 berarti telah melampaui indikator keberhasilan, sehingga penelitian berhenti di siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 33,34% siswa yang dikatakan berkriteria aktif (Siklus I 42,85% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif” sedangkan Siklus II 76,19 % siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif” ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaboras model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Man p |
Keywords: | model pembelajaran; konvensional; aptitude treatment interaction; aktivitas belajar; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14235 |