PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWAKARYA TANJUNG LANGKAT T.P 2013/2014

Bangun, Devy Marlina Br (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWAKARYA TANJUNG LANGKAT T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103142016 COVER.pdf]
Preview
Text
7103142016 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
7103142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7103142016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7103142016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7103142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7103142016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7103142016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7103142016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7103142016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7103142016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 7103142016 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
7103142016 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa serta perbedaan antara siklus I dan siklus II melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Time Token di kelas X Akuntansi SMK SWAKARYA Tanjung Langkat T.P. 2013/2014Penelitian ini dilaksanakan di SMK SWAKARYA Tanjung Langkat yang beralamat di Jl. Merdeka No. 06 Tanjung Langkat, Kec. Salapian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 26 orang siswa. Objek penelitian ini adalah Kolaborasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu berupa angket yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh skor minat belajar siswa yang mencapai minat tinggi hanya 1 siswa (3,84%), 12 siswa (46,15 % ) dengan minat sedang, 13 siswa (50%) dengan minat rendah, dengan rata – rata minat secara keseluruhan sebesar 50,16 % (Minat Rendah), sedangkan pada siklus II, telah menunjukkan peningkatan, yaitu 12 siswa (46,15 %) yang berminat tinggi, 14 siswa (53,84 %) yang memiliki minat sedang, dengan rata – rata minat secara keseluruhan sebesar 76,16 % (Minat Tinggi), sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,00%, dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 17 orang (65,38%) siswa dengan nilai rata – rata 68,84, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 24 orang (92,30%) dengan nilai rata – rata 78,07, hal ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebanyak 7 orang (26,92 %) siswa. Dengan begitu pada siklus II telah diperoleh ketuntasan minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan perolehan nilai thitung > ttabel yaitu 13,98 > 2,05, dengan dk = 25 pada α 0,05.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Time Token dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK SWAKARYA Tanjung Langkat T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Ban p
Keywords: Model Pembelajaran; Team Assisted Individualization; Time Token; Minat Belajar; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item
View Item