Aryati, Ad (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI 1 IPS 1 MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141003 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
709141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
709141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
709141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141003 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
709141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
709141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
709141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI 1 IPS 1 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan T.P 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XI 1 IPS 1 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 14 (42,42%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 23 orang siswa (69,70%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,09. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 76% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 76% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 26 orang siswa (78,79%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 29 orang siswa (87,88%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 91,36. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 5,71 > ttabel 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring di Kelas XI 1 IPS 1 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Ary p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Mind Mapping; Strategi Pembelajaran; relating, Experiencing Applying Cooperating; Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14231 |